Kenapa Hari Pramuka Jatuh pada Tanggal 14 Agustus ?

tenda, kemah, pramuka
Kegiatan Perkemahan dan Pramuka
Kenapa Hari Pramuka di Indonesia jatuh pada tanggal 14 agustus ? Tahukah bagaimana sejarah pramuka di Indonesia?

begini ceritannya.... Sebetulnya tanggal 14 agustus tersebut ditetapkan bukan sebagai hari lahir pramuka di Indonesia. 

Pramuka sendiri didirikan oleh Robert Lord Baden Powel pada 25 Juli 1907. Baden Powel adalah seorang Letnan Inggris yang untuk pertama kalinya mengadakan perkemahan pramuka di pulau Brown Sea, Inggris selama 8 hari. Selanjutnya pada tahun 1908 Baden Powel menulis buku tentang prinsip dasar kepramukaan “Scouting for Boys” yang artinya pramuka untuk laki-laki.

Sementara kedatangan pramuka ke Indonesia dibawa oleh Belanda yang kala itu tengah menjajah. Akhirnya mereka pun mendirikan organisasi tersebut di Indonesia dengan nama NIPV (Nederland Indische Padvinders Vereeniging = Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda).

Dalam perkembangan pemimpin-pemimpin gerakan nasional membentuk organisasi kepanduan dengan tujuan membentuk manusia Indonesia yang baik dan siap menjadi kader pergerakan nasional. Dalam waktu singkat muncul sejumlah organisasi kepanduan antara lain JPO (Javaanse Padvinders Organizatie) JJP (Jong Java Padvindery), NATIPIJ (Nationale Islamitsche Padvindery), SIAP (Sarekat Islam Afdeling Padvindery), HW (Hisbul Wathon).

Kemudian pemerintah Hindia Belanda memberikan larangan penggunaan istilah Padvindery.  Maka K.H. Agus Salim mengganti nama Padvindery menjadi Pandu atau Kepanduan dan menjadi awal mulanya dalam sejarah pramuka di Indonesia.

Namun pada masa penjajahan Jepang di Indonesia organisasi Kepanduan dilarang. Setelah proklamasi kemerdekaan kembali dibentuk orgasisasi kepanduan yakni dengan nama Pandu Rakyat Indonesia pada tanggal 28 Desember 1945 dan menjadi satu-satunya organisasi kepanduan.

Pada tahun 1961 organisasi kepanduan di Indonesia terbagi menjadi 100 organisasi kepanduan dan terhimpun dalam 3 federasi organisasi yaitu IPINDO (Ikatan Pandu Indonesia) berdiri 13 September 1951, POPPINDO (Persatuan Pandu Puteri Indonesia) tahun 1954 dan PKPI (Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia). Lantaran terpecah-pecah akhirnya ketiga federasi yang menghimpun bergabung menjadi satu dengan nama PERKINDO (Persatuan Kepanduan Indonesia).

Sejarah lahirnya gerakan pramuka di Indonesia di anggap pada tahun 1961. Hal tersebut didasarkan pada Keppres RI No. 112 tahun 1961 tanggal 5 April 1961, tentang Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka dengan susunan keanggotaan seperti yang dinyatakan Presiden pada 9 Maret 1961.

Lantas, kenapa peringatan hari Pramuka di peringati pada 14 Agustus?. Hal tersebut dikarenakan pada tanggal 14 Agustus 1961 adalah hari dimana Gerakan Pramuka di perkenalkan di seluruh Indonesia, sehingga di tetapkan sebagai hari Pramuka yang di ikuti dengan pawai besar. Sebelumnya presiden juga telah melantik Mapinas, Kwarnas, dan Kwarnari

Sumber : warta.sumedang.info

0 komentar :

Post a Comment

Followers